Bupati Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Indra Yasin berharap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) mampu menggerakkan potensi perekonomian desa.

"Sebanyak 123 desa di 11 kecamatan telah memiliki Bumdes, saya berharap seluruhnya mampu bangkit melalui dukungan dana desa," ujarnya di Gorontalo, Rabu pada seminar akhir tentang efektivitas pemanfaatan dana desa oleh Bumdes digelar pihak Bappeda setempat.

Pemanfaatan dana desa harus tepat sasaran, termasuk yang dikelola melalui Bumdes agar sesuai harapan masyarakat.

Keberhasilan pengelolaan Bumdes melalui pemanfaatan dana desa sudah terlihat di beberapa desa.

"Saya berharap keberhasilan tersebut nampak di 123 desa, agar perekonomian di tingkat desa benar-benar bertumbuh dan mampu bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Ia berpesan, agar Bumdes menjadi tempat menampung dan menyalurkan produk-produk maupun hasil dari pemanfaatan dana desa tersebut.

Bumdes pun diharapkan harus dapat mengontrol pemanfaatan dana desa agar dana tersebut dapat menghasilkan untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat.

"Jangan sampai dana yang disalurkan besar namun tidak dapat menghasilkan, maka perlu juga mewaspadai pemanfaatannya agar benar-benar tepat sasaran untuk masyarakat," ujarnya.
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin pada seminar akhir tentang efektivitas pemanfaatan dana desa oleh Bumdes. ANTARA/HO

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020