Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menegaskan, agar Sail Tomini dan Festival Boalemo dapat dan harus dimanfaatkan para pelaku usaha dengan sebaik-baiknya.

"Ajang ini nantinya akan mendapat perhatian dari para pelaku dan investor baik dalam maupun luar negeri, sehingga itu jangan disia-siakan," Kata Rusli, di Gorontalo, Jumat.

Dia meminta, agar pelaku usaha seperti pemilik hotel, industri kecil menengah, bahkan rumah makan dapat mempersiapkan berbagai macam produk, dalam menyambut tamu yang akan datang ke daerah ini.

Rusli menjelaskan, banyak produk dari sejumlah daerah Gorontalo seperti Kerawang, anyaman rotan dan bambu, serta kerajinan tangan lainnya bisa dijadikan modal dalam meningkatkan pembangunan perekonomian masyarakat.

Begitu juga adanya usaha kuliner dan hasil laut bisa disajikan kepada tamu dan undangan, pasti aka nada yang berminat dan ingin menanamkan modalnya di Provinsi Gorontalo.

"Ajang ini harus kita manfaatkan untuk memperkenalkan kekayaan alam serta kerajinan Gorontalo, yang selama ini belum terlalu terkenal baik di wilayah nusantara ataupun mancanegara," Kata Rusli.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Boalemo Mans Mopanga mengatakan, sebagai tuan rumah penyelenggara festival Boalemo, tentunya akan banyak tamu yang akan datang, sehingga pihaknya sudah menyiapkan berbagai macam kebutuhan yang diperlukan oleh pemilik rumah makan, hotel dan restoran.

Dia menjelaskan, pada festival Boalemo ini, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah kelompok usaha yang bergerak pada peternakan ayam kampung, sehingga pada pelaksanaan acara tersebut untuk masalah konsumsi tidak ada kendala.

"Masyarakat kita didik untuk beternak ayam hasil persilangan yang dilakukan oleh dinas peternakan daerah ini, dan akan dijual saat festival Boalemo nanti," Kata Mans.

Pewarta: M.F Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015