Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), memanfaatkan kesempatan dalam Sail Tomini dan Festival Boalemo.

"Banyak tamu asing dan nasional akan ke Gorontalo. Saya minta ini dimanfaatkan betul oleh UMKM, perhotelan dan usaha penyedia jasa lainnya. Keluarkan produk terbaik, beri pelayanan terbaik kepada mereka, sehingga keuntungan ekonomi bisa kita peroleh," kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Untuk memaksimalkan produk-produk daerah, menurutnya perlu ada sinergitas antara pemerintah dan pelaku usaha.

Pendataan setiap produk, lokasi penjualan dan estimasi harga, lanjutnya dibutuhkan untuk memberikan informasi awal bagi para tamu yang ingin mengetahui produk-produk lokal daerah.

"Dinas terkait saya minta juga harus aktif bantu pengusaha kita. Buat pendataan, kalau tamu mau cari kain Karawo, belinya di mana saja. Mau makan "binte biluhuta" di mana, obyek wisata di mana, akses dan apa yang bisa mereka dapatkan. Jadi saling bersinergi pemerintah selaku promotornya pengusaha yang menikmatinya," jelasnya.

Sebagai tuan rumah penyelanggaraan Festival Boalemo, Provinsi Gorontalo harus menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu yang datang, termasuk memanjakannya dengan kuliner dan kerajinan khas daerah.

Menjaga keamanan dan kondusifitas daerah menurutnya juga sangat penting, agar citra Gorontalo sebagai daerah yang ramah dapat terjaga.

Sail Tomini 2015 dan Festival Boalemo akan diselenggarakan di dua tempat berbeda. Untuk Sail Tomoni dipusatkan di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sedangkan untuk Festival Boalemo dipusatkan di Boalemo dan Kota Gorontalo.

Sail Tomini rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, sedangkan Festival Boalemo akan dibuka oleh Wapres Jusuf Kalla 10 September 2015 mendatang.

Lokasi penyelenggaraan Festival Boalemo di obyek wisata Pantai Bolihutuo, yang kini sedang dipersiapkan terutama sarana air bersih dan listrik. 

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015