Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 1314/Gorut membantu warga menanam bibit jagung dalam rangka mendukung ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19 di Desa Imana, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara.

"Penanaman bibit jagung ini adalah program lanjutan atau program khusus di luar dari program TMMD ke-109 Kodim 1314/Gorut," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XIII Merdeka Kolonel Kav M. Jaelani melalui siaran pers di Manado, Senin.

Ia mengatakan dengan kegiatan tersebut dapat mengaktifkan kembali kelompok tani yang telah ada di Desa Imana dan dapat meningkatkan penghasilan pangan warga khususnya komoditi jagung.

Penanaman bibit jagung tersebut adalah rencana anggota Satgas TMMD bersama warga Desa Imana untuk swasembada pangan, khususnya komoditi jagung.

"Diharapkan melalui penanaman bibit jagung ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga yang ada di Desa Imana di masa pandemi COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan terdapat sejumlah sasaran fisik dan nonfoisik yang harus diselesaikan anggota satgas dalam pelaksanaan TMMD ke-109 Kodim 1314/Gorut.

Sasaran fisik, antara lain pembuatan jalan dan peningkatan jalan sepanjang 1.620 meter dengan lebar enam meter yang dibangun di atas timbunan sirtu setinggi empat meter, pembuatan plat duiker sebanyak enam buah, sedangkan sasaran nonfisik, seperti sosialisasi pandemi COVID-19, penyuluhan wawasan kebangsaan, kegiatan bela negara, sosialisasi bahaya radikal, penyuluhan narkoba, pemutaran film perjuangan.

Selain itu, penyuluhan pertanian, sosialisasi rekrutmen TNI, pengobatan gratis, penyuluhan dan pelayanan KB kesehatan, penyuluhan kamtibmas serta hukum dan KDRT.

Selain kegiatan yang sudah diprogramkan dalam TMMD ke-109, baik fisik maupun nonfisik, Satgas TMMD juga membantu warga dalam hal meningkatkan kesejahteraannya, seperti pembangunan fasilitas tempat belajar daring, pembuatan alat cuci tangan otomatis hingga membantu Karang Taruna yang anggotanya kalangan milenial itu dalam pengolahan buah kelapa yang bernilai jual tinggi.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020