Danrem 133/Nani Wartabone (NW) Brigen TNI Bagus Antonov Hardito mengatakan pihaknya  siap mendukung pemerintah daerah (Pemda) dalam menanggulangi dan menghadapi kemungkinan bencana alam.

"Secara nasional pada bulan November dan Desember 2020, wilayah Sulawesi diprediksi akan terkena dampak fenomena alam La Nina," ujarnya di Gorontalo, Rabu.

Ia menjelaskan, pihaknya beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) perlu menyiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan dampak bencana alam yang bisa terjadi.

"Berangkat dari hal itu kami Korem beserta jajaran Forkopimda perlu menyiapkan diri menghadapi kemungkinan dampak bencana yang terjadi," ungkapnya.

Pada bulan Oktober 2020, Korem telah melaksanakan pelatihan personel serta jajaran guna kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi datangnya bencana.

Menurutnya, pelatihan itu tidak menutup kemungkinan akan dilakukan secara bersama-sama dengan Polri dan Pemerintah Daerah untuk menguji masing-masing instansi dalam menerapkan prosedur penanganan.

"Ini sangat berguna bila dalam satu kejadian, setiap unsur yang berbeda dapat bekerjasama melakukan penanganan bencana alam. Bencana alam bisa terjadi kapan saja, dan kami siap mendukung bersama Polri membantu pemerintah guna menghadapi bencana tersebut," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020