Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku memamerkan kreasi bunga hias yang terbuat dari limbah buah nira, di Pameran Pangan Nusa yang digelar Kementerian Perdagangan di Kota Gorontalo, Rabu.

Menurut Mira, salah satu staf kepegawaian Disperindag Maluku yang ditemui di stand pameran, Rabu mengatakan, kreasi kerajinan tangan yang terbuat dari buah nira ini dibuat oleh Usaha Kecil Menengah (UKM ) binaan instansi itu sendiri.

"Kurang lebih tiga tahun belakangan ini UKM Maluku membuat kerajinan tangan dari buah nira dan ternyata kerajinan ini banyak disukai dan menarik minat pembeli," ujarnya.

Seperti saat ini, banyak warga Gorontalo juga tertarik dengan hasil karya kerajinan tangan ini, terlihat dari banyaknya kerajinan yang laku terjual.

Menurutnya, untuk membuat sebuah kreasi kerajinan tangan seperti itu tidaklah sulit jika kita hendak belajar membuatnya serta ada kemauan.

"Hampir semua limbah yang ada bisa difungsikan dan menjadi kreasi kerajinan tangan yang menarik, bukan hanya limbah buah nira namun batang kulit dan daun kelapa pun bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang cantik," tegasnya.

Beliau berpendapat, untuk dapat menarik minat konsumen, bisa membuat sesuatu yang unik dan kreatif agar menarik perhatian konsumen untuk membelinya.

"Apalagi dengan kreasi bunga hias, hampir semua orang menyukai bunga dan ingin menghiasi rumahnya dengan bunga," ujarnya.

Bunga yang terbuat dari limbah buah nira cukup unik dan indah untuk menghiasi ruangan rumah, sehingga tidak sulit untu memasarkannya.

"Kami berharap dengan pembinaan bagi tiap UKM yang ada di daerah, bisa menambah penghasilan pengusaha-pengusaha kecil, dan bisa membuka wawasan mereka untuk berkreasi dan membuka lapangan pekerjaan," tambahnya.

Pewarta: Sariva Yunus

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015