Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap daerah itu segera memiliki peralatan pemadam kebakaran (damkar).

"Daerah ini wajib memiliki mobil pemadam kebakaran yang memadai. Anggarannya memang tidak sedikit, namun kita harus memilikinya sebagai upaya konkrit mengatasi musibah kebakaran di daerah ini," ujar anggota DPRD Gorontalo Utara Lukum Diko di Gorontalo, Sabtu.

Kondisi yang terjadi saat ini, masyarakat yang dilanda musibah kebakaran hanya bisa menatap dan meratap hingga rumahnya rata dengan tanah, mengingat tidak ada peralatan representatif yang dapat menolong memadamkan api.

"Bicara tentang penguatan antisipasi musibah kebakaran, tidak sekadar langkah yang akan dilakukan, namun pemerintah daerah harus menyiapkan personel memadai dan peralatan, yang paling utama adalah mobil damkar," ujarnya.

Di setiap kecamatan pun perlu menyiapkan peralatan, seperti tangki air, pompa air dan memungkinkan setiap kecamatan memiliki satu atau dua unit armada mobil tangki air, termasuk personel dan perangkat penunjang.

Semuanya melekat di Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Kebakaran, sebagai salah satu perangkat pelayanan dasar di daerah.

"Untuk tahun anggaran 2021 mendatang, perangkat tersebut perlu didukung dengan alokasi anggaran memadai, agar dapat memaksimalkan perannya sebagai pengaman produk hukum daerah serta pemenuhan layanan dasar bagi masyarakat," tandas Lukum.

Mobil damkar pun katanya, tidak hanya berfungsi untuk mengatasi musibah kebakaran permukiman, namun dapat mengantisipasi persoalan kekeringan yang rawan melanda daerah ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020