Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin mengatakan data sektoral akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara merata, sebab pemerintah daerah dalam mengintervensi melalui bantuan dapat tepat sasaran.

"Satu data yang terintegrasi akan memudahkan pemerintah daerah dalam mengintervensi masyarakat melalui program-program pembangunan yang tepat dan sesuai keperluan bukan keinginan," katanya di Gorontalo, Senin, usai membuka rapat koordinasi data sektoral se-kabupaten Tahun Anggaran 2020 digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat.

Kita tidak hanya akan mengumpulkan data yang akan saling terintegrasi, namun di setiap mutasi data wajib dilaporkan dengan cepat.

Sebab data sangat diperlukan dalam mewujudkan pembangunan yang terarah atau terfokus juga tepat sasaran.

"Membangun data sektoral akan mewujudkan basis data terintegrasi sehingga memerlukan perhatian khusus, namun bekerja tanpa data akan lebih menguras energi bahkan memerlukan anggaran besar," katanya.

Ia berharap melalui rapat koordinasi tersebut, program-program yang akan dijalankan pemerintah daerah mengacu pada satu data yang akurat dan faktual segera terwujud.

Sementara itu kepala Diskominfo setempat, Robin Daud mengatakan mekanisme pengelolaan data sektoral telah dilaksanakan di Provinsi Gorontalo termasuk di kabupaten dan kota juga sementara dibangun di daerah itu.

Pihaknya diberi kewenangan sebagai wali data di kabupaten akan berupaya mewujudkan tata kelola data sektor di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Olehnya Diskominfo akan melakukan pembimbingan diawali dengan sosialisasi untuk mewujudkan data sektoral yang akan mewujudkan transparansi data dan keterbukaan informasi kepada publik.

"Kita mempersiapkan sedini mungkin untuk menyiapkan data yang terkelola dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan," katanya.***
Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin memimpin rapat koordinasi data sektoral se-kabupaten Tahun Anggaran 2020 digelar Diskominfo setempat. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020