Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin mengatakan setiap kepala desa (kades) wajib mendeteksi dini kondisi yang terjadi di desanya juga di tengah masyarakat.

Hal itu diungkapkannya di Gorontalo, Senin, pada bimbingan teknis (bimtek) forum kewaspadaan dini masyarakat digelar pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat.

Meningkatkan kewaspadaan setiap saat sangat penting, karena kita terus diperhadapkan dengan berbagai tantangan juga ancaman.

Baik ancaman dalam bentuk rongrongan kepada bangsa dan negara, juga ancaman dalam bentuk bencana alam maupun non alam, seperti pandemi COVID-19.
 
Ia meminta agar kepala desa senantiasa peka dengan sekelilingnya, apakah bencana rongrongan terhadap kedaulatan negara, stabilitas daerah hingga desa masing-masing.

Juga harus peka melakukan deteksi dini dan menganalisa data serta menyelesaikannya di tingkat bawah dengan tetap melaporkan setiap kondisi ke atas atau pemerintah kabupaten.

Jika kondisi itu terimplementasi dengan baik, maka kondusifitas daerah termasuk desa mampu terwujud sesuai harapan pemerintah dan masyarakat, kata bupati.***
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin pada bimtek forum kewaspadaan dini masyarakat digelar pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020