Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin mengatakan kapal pelayaran rakyat (pelra) di daerah itu akan menunjang transportasi pariwisata kepulauan.

"Layanan transportasi publik antar pulau akan mendominasi, namun kapal bantuan Kementerian Perhubungan untuk daerah ini juga akan melayani pelayaran pariwisata," katanya di Gorontalo, Rabu, usai mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meresmikan operasional KM Banawa Nusantara 86.

Rutenya dari Pelabuhan Nusantara Kwandang menuju Pulau Saronde,  Kecamatan Ponelo Kepulauan dan Oile Beach Resort di Desa Mutiara Laut Kecamatan Tomilito dengan layanan pergi-pulang.

Ia mengaku bersyukur sebab dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Kementerian Perhubungan menyalurkan bantuan kapal pelayaran rakyat untuk kepentingan layanan jasa tranportasi laut di daerah itu.

"Kami mengarahkannya untuk pelayaran publik antar pulau serta pelayanan transportasi pariwisata mengingat beberapa objek andalan di daerah ini ada di pulau-pulau cantik dari total 52 pulau yang dimiliki," katanya.

Perhatian tersebut tentu akan menjadi sulit jika pak Gubernur Rusli Habibie tidak memperjuangkannya di tingkat pusat.

Alhamdulillah katanya, berkat perjuangan pak Gubernur bantuan tersebut diterima kabupaten ini sehingga diharapkan mampu memenuhi jasa pelayaran rakyat di daerah ini.

Bantuan kapal tersebut diyakini semakin memudahkan transportasi laut khususnya bagi masyarakat di pulau-pulau berpenghuni, seperti di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Tahun 2021 nanti, pemerintah daerah akan menyiapkan anggaran khusus untuk operasional kapal bantuan tersebut.

Pemerintah daerah akan memberi subsidi khusus untuk tarif bagi transportasi masyarakat antar pulau.

"Misalnya tarif dasar Rp10 ribu per orang, pemerintah daerah akan memberi subsidi setengahnya jadi publik hanya membayar Rp5 ribu per orang. Kita memberi keringanan dan layanan terbaik bagi masyarakat," katanya. 

KM Banawa Nusantara 86 merupakan bantuan Kementerian Perhubungan dengan kapasitas penumpang sebanyak 24 orang.***
Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meresmikan KM Banawa Nusantara 86 di Pelabuhan Nusantara Kwandang, bantuan Kementerian Perhubungan. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020