Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo mendapat dana pinjaman untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp492 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Kamis, mengatakan peminjaman tersebut akan dimanfaatkan untuk memulihkan ekonomi warga. Mengingat Kabupaten Gorontalo sebagai daerah dengan jumlah penduduk terbanyak dan wilayah terluas, menjadi daerah paling terdampak pandemi COVID-19.

"Bantuan PT SMI ini untuk memulihkan ekonomi kami di Kabupaten Gorontalo. Ini merupakan modal bagi kami dalam membangun daerah yang akan datang," ujarnya.

Direktur pembiayaan dan investasi PT. SMI Sylvi Gani menjelaskan pinjaman PEN ini terbagi atas dua kegiatan, yakni kegiatan tahun tunggal dan kegiatan tahun jamak, dengan jangka waktu pinjaman ini delapan tahun. 

Untuk kegiatan tahun tunggal digunakan untuk membiayai, kurang lebih sembilan sektor infrastruktur, dan untuk kegiatan tahun jamak juga digunakan untuk sembilan kegiatan.

Selvy mengungkapkan bantuan PEN ditujukan guna pembangunan yang merata di Kabupaten Gorontalo, untuk menunjang ekonomi, juga menciptakan infrastruktur yang dapat melayani masyarakat, menggerakkan perekonomian, dan pemulihan ekonomi.

"Kegiatan ini salah satu upaya pemerintah Indonesia, dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN), akibat dampak pandemi COVID-19," kata dia, lagi.

Ia berharap pinjaman PEN ini dimanfaatkan secara maksimal, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya secara maksimal pula. "Harapan kami dana pinjaman ini dapat memberi manfaat sebesar-besarnya untuk membangun ekonomi di Kabupaten Gorontalo, dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020