Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara bersama pihak Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar rapat kerja Badan Kerja Sama Utara Utara (BKSU) terkait penyusunan program kerja tahun 2021.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Gorontalo, Sabtu, mengatakan pengembangan Program Kerja sama Utara Utara memiliki nilai strategis bagi daerah itu maupun daerah di dalamnya.

Apalagi, kata dia, tahun 2021 ini ia ditunjuk sebagai Ketua BKSU sehingga perlu mengoptimalkan penyusunan program kerja.

Termasuk menajamkan program-program yang akan dilaksanakan sebagai langkah strategis untuk saling mendorong pembangunan wilayah-wilayah yang tergabung dalam kerja sama itu.

"Ditunjuk sebagai ketua, maka saya memiliki tanggung jawab moril untuk mempertemukan kepentingan daerah Utara Utara," katanya.

Di samping itu, juga berupaya agar potensi yang ada di Gorontalo Utara lebih teroptimalkan pengelolaannya melalui wadah ini.

Maka katanya lagi, rapat kerja tersebut memiliki makna yang strategis untuk mempersiapkan fokus program yang perlu dikembangkan di tahun ini.

Pada kesempatan itu, ia pun menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada rektor UNG yang terus mengawal BKSU hingga saat ini.

Sangat disadari bahwa kapasitas perguruan tinggi dalam BKSU, sangat membantu pemerintah daerah untuk melahirkan kajian-kajian akademis.

Khusus pengembangan potensi Gorontalo Utara yang masih didominasi oleh sektor pertanian.

Maka pembangunan pertanian ditujukan selain meningkatkan produksi, juga mendorong kenaikan pendapatan petani.

Mengingat pembangunan pertanian secara luas tidak hanya terbatas pada proses meningkatkan produksi dan pendapatan, akan tetapi juga secara simultan merupakan proses yang menghasilkan perubahan sosial.

Baik nilai, perilaku dan lain sebagainya. Sementara pada sektor peternakan, pariwisata, dan perikanan perlu komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan untuk dijadikan lokomotif ekonomi.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021