Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyatukan program percepatan tanam dalam sektor pertanian.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb di Gorontalo, Minggu, mengatakan hal itu dilakukan melalui rapat sinkronisasi.

Menurut Sekda, pada tingkat provinsi, mereka memiliki program dan anggaran pertanian, baik dari APBD maupun program pemerintag pusat.

"Kita di lapangan butuh program, sehingga dengan sinkronisasi ini kebutuhan petani bisa terakomodir," ujar Hadijah.

Apalagi dalam pertemuan itu ia mengatakan dihadirkan semua bidang yang ada di Dinas Pertanian serta para penyuluh. Sehingga beberapa masalah di tingkat petani bisa dicarikan solusi, terutama melalui program yang ada.

"Insya Allah bisa terjadi sinkronisasi program, yang tentunya bisa memacu dan memaksimalkan produksi dari para petani," harap Hadijah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo menambahkan, rapat itu dilakukan untuk mengetahui program pertanian apa saja yang ada di provinsi, dan akan diberikan ke Kabupaten Gorontalo.

"Kadis Pertanian Provinsi tadi berharap program ini tersinkronisasi dengan baik jangan sampai program yang diberikan di Kabupaten Gorontalo kita tidak tahu, oleh karena itu diinformasikan," katanya.

Contohnya pada bidang perkebunan ada pengadaan tanaman genjah, ada program pengadaan bibit tanaman cengkih, ada pasca panen, ada alat pengolahan hasil hingga bantuan benih.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021