Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango, Hamim Pou meminta jajaran kepala desa (kades) di daerah itu untuk menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Para kades sangat berperan untuk menghidupkan BUMDes, karena bisa menggerakkan perekonomian di desa," kata bupati saat berkunjung ke Desa Sukma, Selasa.

Menurut bupati, keberadaan BUMDes sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, terutama dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan di tingkat desa.

Berbagai potensi yang ada bisa dioptimalkan, baik itu sektor pertanian, perikanan, kelautan, kehutanan dan sebagainya.

"Banyak usaha yang bisa dijalankan melalui BUMDes, tergantung potensi kearifan lokal desa," tambahnya.

Apalagi salah satu desa seperti Sukma, adalah desa yang berada di tepian sungai Bone, maka bisa memanfaatkan potensi desa misalnya pemanfaatan galian C untuk menjadi pendapatan desa.

Hamim menambahkan, ke mana uang maupun keuntungan dari hasil pendapatan desa lewat galian C tersebut? Itu keuntungannya untuk masyarakat di desa dan untuk membiayai pembangunan di desa tersebut.

"Terkait potensi galian C tetap memperhatikan juga kondisi lingkungan, dengan tidak membahayakan masyarakat lain," ujarnya.

Oleh karena itu, bupati mengharapkan BUMDes mampu dikelola dengan baik dan profesional sesuai dengan potensi kearifan lokal desa.

"Tujuan utama dari pendirian BUMDes ini yakni untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, mengoptimalkan aset desa serta mendorong usaha dan pengelolaan potensi desa," ujarnya. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015