Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo akan segera menggelar Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2015, untuk dapat menumbuhkembangkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Rahman Imran, salah satu panitia pelaksana lomba duta bahasa 2015, Rabu, mengatakan, pemilihan duta bahasa ini dimaksudkan agar generasi muda mampu menuturkan bahasa Indonesia dalam situasi formal atau informal di mana saja mereka berada.

Duta bahasa pun dituntut untuk mampu menjadi penggerak dalam melestarikan bahasa daerah, yaitu bahasa Gorontalo. Tidak hanya itu, dalam rangka persaingan dunia Global duta bahasa pun diharapkan mampu menguasai bahasa asing.

Kegiatan duta bahasa ini dikhususkan bagi generasi muda Gorontalo yang berumur 18 hingga 25 tahun, belum menikah, mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, menguasai bahasa daerah dan berperilaku baik.

"Kegiatan akan diawali dengan seleksi berkas, prakarantina, karantina dan malam puncak," ungkap Rahman.

Karantina akan dimulai tanggal 5-9 Agustus di Gedung LPMP Gorontalo. Sementara malam puncak digelar di Gedung Belle Li Mbui Kota Gorontalo pada 8 Agustus 2015.

"Proses karantina akan dipilih satu orang putra dan satu orang putri sebagai pemenang dengan total hadiah jutaan rupiah," tambahnya.

Pemilihan duta bahasa Provinsi Gorontalo tahun ini, direncanakan akan berbeda dari penyelenggaran tahun tahun sebelumnya.

Selain sistem penilaian yang lebih ketat, sistematika penjurian pun lebih menitiberatkan pada kemampuan personal masing masing peserta.

Panitia pun sengaja menunjuk juri juri profesional dari berbagai bidang diantaranya, akademisi, praktisi, budayawan dan unsur terkait lainnya.

Tidak hanya itu, acara ini turut didukung oleh berbagai elemen diantaranya Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo, Gramedia, Telkomsel, Ikatan Duta bahasa Provinsi Gorontalo, Dinas pendidikan dan kebudayaan Gorontalo, dan masyarakat Fotografi Gorontalo.

"Kegiatan ini menjadi harapan besar untuk dapat menumbuhkan dan sosialisasikan kecintaan bahasa kepada seluruh generasi muda, terutama generasi muda Gorontalo. Bagi duta bahasa yang terpilih akan mewakili Provinsi Gorontalo ke pemilihan tingkat nasional oktober 2015 di Jakarta," tutup Rahman.

Pewarta: Sariva Yunus

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015