Empat tokoh nasional diusulkan sebagai penerima gelar adat Gorontalo atau "pulanga", karena dinilai memiliki dedikasi yang besar bagi daerah.

Tokoh yang dimaksud adalah Suharso Monoarfa yang kini menjabat Menteri PPN/Bappenas, Zainuddin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga, Sandiaga Salahuddin Uno yang menjabat Menteri Pariwisata, serta Roem Kono yang kini menjabat Dubes RI untuk Bosnia Herzegovina.

Ketua Dewan Adat Gorontalo Abdullah Paneo, Jumat, mengatakan pihaknya telah menerima aspirasi dari tokoh masyarakat dan tokoh adat.

"Aspirasi ini layak kami pertimbangkan dengan melalui mekanisme adat Gorontalo,” katanya.

Pulanga diberikan kepada putra putri Gorontalo yang memiliki karya atau ilomata untuk negeri. 

Nama Suharso, Zainuddin, Sandiaga dan Roem dinilai layak untuk diberi gelar adat karena kiprahnya yang membantu kemajuan di pemerintah pusat dan daerah.

“Pak Suharso sudah dua kali jadi menteri dan anggota DPR berapa periode, Pak Zainuddin sebelum jadi menteri sudah berapa periode jadi anggota DPR RI, pak Roem juga sudah lama jadi anggota DPR RI sebelum dipercaya sebagai Dubes. Demikian juga pak Sandiaga Uno yang sebelumnya pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta,” jelasnya.

Aspirasi tersebut akan diberitahukan atau "moowoli" kepada Wali Kota Gorontalo Marten Taha selaku "tauwa lo data". 

Selanjutnya dewan Adat akan membahasnya di tingkat limo lo pohalaa atau lima negeri adat yakni Gorontalo, Limboto, Suwawa, Atinggola dan Bulango.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021