Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengaku sangat mengapresiasi peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Gorontalo yang menyalurkan hasil pengumpulan zakat fitrah, mal (harta) maupun infak dan sedekah hingga ke daerah.

"Penyaluran zakat tersebut sangat membantu pemerintah daerah maupun Baznas kabupaten, dalam mendukung pemerataan penyaluran zakat di daerah ini," ucap Bupati Indra Yasin di Gorontalo, Kamis.

Diharapkan fakir miskin di kabupaten ini tidak hanya tersentuh zakat dalam bentuk tunai, namun bisa dimasukkan sebagai penerima program rumah pantas huni yang merupakan inovasi pihak Baznas Provinsi Gorontalo.

Zakat fitrah merupakan kewajiban seluruh umat Islam, sehingga pemerintah daerah ikut mendorong masyarakat untuk menunaikannya tepat waktu.

Ia pun berharap agar semakin banyak zakat yang terkumpul, agar semakin banyak pula yang dibagikan ke seluruh masyarakat yang berhak.

Ketua Baznas Provinsi Gorontalo, Lukman Arsyad mengatakan, tahun ini pihaknya berhasil mengumpulkan zakat sebanyak Rp2,8 miliar.

Jumlah tersebut meningkat dari Rp30 juta, setelah pihaknya melakukan berbagai upaya pengumpulan.

Lukman memastikan, tidak ada dana zakat yang tersimpan atau terendap di rekening sebab seluruhnya harus habis tersalurkan.

Tahun ini pihaknya menyalurkan zakat fitrah, mal, infak dan sedekah di seluruh kabupaten dan kota, dimana penyalurannya tersebar untuk kaum dhuafa atau fakir miskin, yatim piatu, imam mesjid dan para penyalur zakat produktif.

"Harapannya agar kesadaran masyarakat untuk membayar zakat fitrah yang ditunaikan setahun sekali, semakin tinggi agar peningkatan dana yang disalurkan terus terjadi," ujar Lukman.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015