Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyatakan komitmennya untuk menjaga air sebagai sumber kehidupan dari hulu hingga hilir usai rangkaian peringatan Hari Air Sedunia oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo di Danau Limboto.

"Jadi apa yang dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo ini kami apresiasi, khususnya Danau Limboto yang terus dilakukan revitalisasi, salah satunya program penanaman pohon," ujarnya di Gorontalo, Selasa.

Nelson berharap kegiatan pelestarian air dan Danau Limboto tidak hanya dilakukan oleh Balai Sungai, karena seluruh pihak dapat melakukan hal serupa.

"Kita semua bisa melakukan yang karena itu saya akan membuat gerakan penanaman pohon di seputaran danau Limboto pada Jumat depan," tegas Nelson.

Ia menjelaskan jika kegiatan seperti itu membutuhkan komitmen bersama, termasuk masyarakat untuk menanam dan menjaga secara keberlanjutan. "Tidak hanya pada hari Air Sedunia tapi harus dilakukan secara terus-menerus," ungkap Nelson.

Kepala Balai wilayah Sungai sulawesi II Gorontalo Naswardi mengatakan, dalam rangka Hari Air Se Dunia Tahun 2021, semua pihak harus dapat menanam pohon.

"Balai Wilayah sungai berkerjanya hanya di hilir, yang harus diperhatikan juga adalah penyebabnya, karena kita lihat di hulu sudah banyak alih fungsi lahan tidak sesuai, sehingga apabila air hujan terus terjadi erosi menyebabkan sedimentasi," ucapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021