Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Gorontalo mengembangkan bawang putih Desa Balahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa, mengatakan bawang putih memiliki potensi yang besar seiring pengembangan sektor pertanian di daerah itu.

Ia mengatakan, jika bawang putih sendiri dipilih karena hingga saat ini, Indonesia walaupun dikenal dengan daerah pertanian ternyata masih mengimpor bawang putih, termasuk bawang merah.

"Nah, kami ingin membuat terobosan, melakukan uji coba kerja sama dinas pertanian dengan BPTP, khusus untuk penanaman bawang putih di dataran rendah," ujar Nelson.

Menurutnya, penanaman bawang putih di Balahu memiliki potensi yang luar biasa untuk pertanian Gorontalo, sekaligus memulihkan ekonomi di era pandemi ini.

"Kalau ini sukses, maka kita akan masifkan di seluruh daerah," ungkap Nelson. Tentunya sambung Nelson, jika program ini sukses maka harus dipublikasikan, sehingga praktik yang baik itu bisa ditiru daerah lain.

Ia menjelaskan jika terpilihnya Kabupaten Gorontalo dalam pengembangan bawang putih, karena lokasinya representatif juga karena adanya dukungan penuh dari pemerintah.

Sementara itu, Kepala BPTP Provinsi Gorontalo, Amin Nur mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Gorontalo sangat tanggap dalam teknologi.

"Pemerintah di sini sangat tanggap dengan teknologi, melakukan kajian ini kita akan mengurangi impor," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021