Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Salah satu desa di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, yakni Desa Biluango, memanfaatkan pencairan dana desa (DD) sebesar Rp107 juta untuk pembangunan infrastruktur.

"Pencairan dana desa ini langsung ke rekening desa dan diketahui elemen masyarakat," kata Kepala Desa Biluango, Owan Suma, Selasa.

Pihak desa mengapresiasi karena dana tersebut untuk tahap I sudah direalisasikan untuk pembangunan infrastruktur, dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Adapun dana desa itu diarahkan untuk pembangunan infrastruktur desa, meliputi pembangunan jalan rabat beton sepanjang 100 meter, rehabilitasi dan perbaikan jaringan air bersih dan pembuatan tiga unit MCK.

"Dana desa untuk tahap ini sudah dikucurkan oleh pemerintah pusat. Ini tentu sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, terutama dalam penyediaan bidang infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Apalagi kalau dana desa dari APBN yang direncanakan sebesar Rp1 miliar ini bisa terealisasi, maka seluruh usulan masyarakat di RPJM Desa pasti bisa terealisasi dan digunakan sebaik-baiknya.

Kades Biluango berharap peran serta pemerintah daerah dalam rangka pembinaan pengelolaan dana desa dari APBN itu, agar lebih ditingkatkan sehingga aparat desa tidak salah dalam mengambil kebijakan dalam penggunaan dan pemanfaatan dana desa tersebut.

"Pemanfaatan dana desa tersebut, terutama dalam pembangunan infrastruktur di Desa Biluango itu melibatkan masyarakat setempat. Jadi seluruh pekerjaan dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat setempat," tandasnya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015