Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo mengucurkan bantuan modal untuk usaha mikro ke 540 warga atau 54 kelompok di kota tersebut.

Kepala Dinas Peindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Gorontalo Irwan Hamzah, Sabtu, mengatakan, bantuan yang diberikan kepada warga yang kurang mampu tersebut, merupakan progam dari pemerintah kota saat ini.

Ini merupakan salah satu program "Dari Lahir Sampai Mati Gratis Pemkot Gorontalo, yang dimulai awal tahun 2015.

Dia menjelaskan, bantuan tesebut diberikan sebagai modal usaha mikro di mana masing-masing kelompok memperoleh dana sebesar Rp25 juta.

Pemkot Gorontalo ingin agar pelaku usaha mikro bisa mendapat bantuan modal, sehingga dapat meningkatkan ekonominya.

"Kami ingin dengan sentuhan modal tersebut, dapat memberikan motivasi warga yang kurang mampu, untuk giat berusaha," kata Irwan.

Dia mengungkapkan, agar program ini bisa merata untuk warga, maka pihaknya meminta kepada pimpinan di 50 kelurahan di Kota Gorontalo, untuk selektif dalam menjaring warga yang masuk pada kelompok itu.

"Jangan ada manipulasi data dan yang memperoleh bantuan memang benar-benar butuh bantuan tersebut," kata Irwan.

Dia menjelaskan, setiap tahun bantuan tersebut akan diberikan kepada warga untuk modal usaha, sehingga bagi yang telah memperoleh bantuan harus digunakan sebaik mungkin, jangan sampai hanya untuk keperluan yang tidak ada hubungan dengan usaha mikro.

"Kami akan evaluasi apakah bantuan tersebut digunakan untuk modal usaha mikro atau tidak, warga juga harus mampu menjaga keutuhan kelompoknya," kata Irwan.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015