Bupati Bone Bolango Hamim Pou memantau pos penyekatan perbatasan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, di Desa Moodulio, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"Pertama kita mengecek bagaimana penegakan aturan terhadap larangan mudik sesuai dengan arahan Presiden," ujar Hamim Pou di Gorontalo, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa Presiden meminta kepada pemerintah daerah dan diimbau untuk tidak mudik.

Pada kunjungan itu Hamim mengaku melihat langsung mobilisasi massa antara dua daerah ini relatif kurang sekali. Itu artinya masyarakat sudah mematuhi larangan mudik tersebut.

Selanjutnya, kata Hamim, di posko-posko yang di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan maupun Bone Bolango semuanya sudah sesuai ketentuan. Ada pemeriksaan, pencatatan, dan lain sebagainya.

Kemudian menurut Hamim, pihaknya juga memberikan penghormatan dan apresiasi terhadap pemerintahan Bolsel yang menurutnya relatif berhasil mencegah warganya. Karena sebagian warga Bolsel adalah warga Bone Bolango yang sebenarnya ingin pulang kampung ke Bone Bolango, tapi demi pencegahan COVID-19, maka dilarang pulang kampung dan mudiknya ditunda dulu.

Lebih lanjut Hamim mengungkapkan sesuai edaran Bupati Bone Bolango, pihaknya tidak sekedar mengamankan perbatasan. Bahkan juga menutup seluruh obyek wisata di Bone Bolango hingga tanggal 21 Mei 2021.

"Kita juga berharap pelaksanaan hari ketupat nanti, itu dirayakan dan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga. Hal ini demi pencegahan COVID-19," tutup Hamim Pou.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021