Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan (Saka POM) Gorontalo menggelar sosialisasi keamanan pangan ke sejumlah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Provinsi Gorontalo.

Anggota Saka POM Gorontalo, Muhammad Rizky Pata di Gorontalo, Senin, mengatakan kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia.

Ia menjelaskan sosialisasi tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap keamanan pangan khususnya di lingkungan sekolah.

"Seperti cara memilih jajanan yang bersih dan aman, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta selalu cek kemasan, label, ijin edar dan kedaluwarsa saat membeli pangan olahan," ujarnya.

Selain sosialisasi, Pramuka binaan Balai POM di Gorontalo ini juga membagikan produk informasi keamanan pangan seperti buku, banner, poster, celemek dan penjepit pangan.

"Target sosialisasi kami ada 60 sekolah, setelah Kabupaten Gorontalo kami akan melaksanakan sosialisasi di Kota dan Kabupaten lain," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Informasi dan Komunikasi BPOM di Gorontalo, Adjis Sandjaya menerangkan bahwa tema Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun 2021 adalah “Pangan Aman Sekarang untuk Hari Esok yang Sehat”.

Sesuai dengan tema tersebut, Balai POM di Gorontalo menggandeng Saka POM untuk melakukan kegiatan edukasi pangan aman di sekolah-sekolah dengan tujuan untuk membekali peserta didik agar memiliki pengetahuan untuk memilih makanan yang aman dan bermutu.

"Selain sosialisasi ke sekolah-sekolah, selama seminggu terakhir kami telah melaksanakan beberapa kegiatan yaitu Perkemahan Sadar Pangan Aman, pembagian produk informasi keamanan pangan dan pelatihan uji cepat bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan," kata dia, lagi.

Balai POM di Gorontalo terus berkomitmen melindungi masyarakat dari pangan yang beresiko terhadap kesehatan. Keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama. Perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkannya.

"Pangan aman merupakan investasi masa depan dalam menciptakan sumber daya manusia unggul," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021