Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo berencana akan menyiapkan dan mendirikan Posyandu untuk hewan kucing.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Roswaty Agus di Gorontalo, Selasa, mengatakan Posyandu kucing dirasa perlu mengingat sekarang sedang ramai masyarakat memelihara kucing.

"Olehnya itu Insya Allah kami akan merencanakan pelayanan posyandu kucing bagi masyarakat Bone Bolango yang pecinta kucing," ucap Roswaty.

Ia menjelaskan, dalam pelayanan posyandu kucing ini akan dilakukan vaksinasi untuk kucing dan pelayanan kesehatan.

"Nantinya akan ada dokter yang bekerja sama dengan Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan yang akan melakukan pelayanan pemeriksaan terhadap kucing tersebut," tutur Roswaty.

Roswaty mengungkapkan pelaksanaan posyandu kucing ini merupakan program dari Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango. 

"Normatifnya pelaksanaan vaksinasi ini harus dilakukan dua kali dalam jangka waktu setahun," ungkap Roswaty.

Selain posyandu kucing, tambah Roswaty Agus, pihaknya juga akan melaksanakan vaksinasi dan pelayanan kesehatan hewan bagi sapi dan burung. 

"Bukan hanya vaksin rabies yang menjadi fokus kita, akan tetapi juga vaksin antraks bagi sapi dan vaksin AI bagi burung, serta pelayanan kesehatan hewan lainnya,"ujar Roswaty.

Roswaty mengatakan semua program dari Bidang Kesehatan Hewan ini sudah memiliki jadwal tetap untuk melakukan vaksinasi dan pelayanan kesehatan hewan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021