Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Agung Firman Sampurna menerima penyambutan dengan Adat "Mopotilolo" saat tiba di daerah itu, Jumat.

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara, yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di daerah itu.

Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat "U Duluwo Limo Lo Pohalaa" atau dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo.

Agus yang juga ketua umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu tiba di Bandara Djalaluddin dan langsung menuju gedung VIP bandara lama dan disambut oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Gorontalo Dwi Sabardiana, unsur Forkopimda, serta sejumlah pimpinan OPD.

Penyambutan adat diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. 

Setibanya di ruangan,  prosesi mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa, untuk memohon keselamatan dan kesehatan para tamu.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan kedatangan Agus Firman Sampurna bersama Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK RI Dori Santosa ke Gorontalo, untuk menghadiri rapat paripurna Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah daerah Provinsi Gorontalo.

"Hari ini kami menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK atas laporan keurangan pemprov," kata Rusli.

Agus juga dijadwalkan untuk mengukuhkan Pengurus Provinsi (Pengprov) Gorontalo PBSI.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021