Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo optimistis ekonomi Gorontalo dapat tumbuh positif pada tahun 2021 ini.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto pada Temu Responden tahun 2021 di Gorontalo, Kamis, mengatakan, butuh peran serta dan kerja sama berbagai pihak untuk mencapai hal itu.

"Sepanjang masyarakat tertib protokol kesehatan dan diiringi program vaksin yang optimal, maka BI optimistis pertumbuhan ekonomi tumbuh positif pada tahun ini," ujarnya.

Budi berharap pemerintah daerah dapat melonggarkan sektor dengan risiko kesehatan rendah yang memberikan dampak tinggi pada perekonomian Gorontalo.

"Sedangkan untuk sektor dengan risiko menengah dapat dikontrol, sedangkan untuk sektor yang tinggi dapat didukung," ungkapnya.

Seperti sektor pertanian dengan komoditas jagung, kelapa dan tanaman herbal, sektor perikanan tuna dan udang untuk ekspor.

"Selain itu sektor perdagangan antar daerah pun semakin terbuka, jasa angkutan laut dan udara semkin bagus dan jadwalnya tidak berkurang," bebernya.

Budi menambahkan jika semua dipersiapkan sejak saat ini, maka ia semakin optimistis gorontalo akan semakin berkembang.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021