Denmark yang menang meyakinkan 4-1 atas Rusia di Stadion Parken di Kopenhaggen dan sempat terpukul oleh insiden tumbangnya pemain andalan mereka, Christian Eriksen, secara dramatis melangkah ke 16 Besar mendampingi juara Grup B Belgia.

Kemenangan besar 4-1 ini semakin berarti banyak bagi Denmark yang kalah pada dua laga pertamanya, setelah Belgia memberikan "hadiah" kepada mereka dengan menaklukkan Finlandia 2-0 dalam pertandingan Grup B lainnya.

Belgia menyapu bersih tiga pertandingannya di Grup B dengan mengalahkan ketiga lawannya, sedangkan Denmark menyalip Finlandia ke urutan kedua dengan nilai sama tapi menang selisih gol.

Dengan demikian, kecuali Belgia yang memenangkan seluruh dari tiga pertandingannya di Grup B, tiga kontestan lain dalam grup ini sama-sama kalah dua kali, hanya selisih gol yang membuat mereka berbeda satu sama lain.

Belgia dan Denmark lolos otomatis ke 16 besar, sedangkan Finlandia masih menunggu nasib sebagai peringkat ketiga terbaik untuk bisa lolos ke fase knockout.

Mikkel Damsgaard membawa Denmark unggul lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti pada menit ke-38.
 
Yussuf Poulsen kemudian menggandakan kedudukan setelah memanfaatkan blunder yang dilakukan Roman Zobnin yang berusaha mengoper bola ke belakang tanpa melihat kehadiran Poulsen pada menit ke-59.
 
Artyom Dzyuba sempat menipiskan kedudukan lewat tendangan penalti pada menit ke-70.
 
Namun Denmark tidak berhenti menciptakan gol ketika tendangan keras Andreas Christensen membawa negeri yang sempat terpukul oleh tragedi tumbangnya Christian Eriksen karena serangan jantung itu unggul 3-1.
 
Mereka masih menciptakan gol keempat dari Joakim Maehle. Saat bersamaan di St Petersburg, Belgia menghempaskan Finlandia 2-0 sehingga kemenangan 4-1 Denmark itu membuat mereka menduduki runner up Grup B.
 
Denmark akan menghadapi Wales dalam 16 besar di Amsterdam pada 26 Juni.

Berikut klasemen akhir Grup B.
 
negara Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin
Belgia 3 - - 6 9
Denmark 1 - 2 1 3
Finlandia 1 - 2 -2 3
Rusia 1 - 2 -5 3

Pewarta: Jafar M Sidik

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021