Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar lomba desa yang dilaksanakan secara berjenjang baik di tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi di Gorontalo.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gorontalo, Slamet Bakri di Gorontalo, Rabu, mengatakan lomba itu merupakan perwujudan dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Adapun desa atau kelurahan yang berpartisipasi atau bisa melaksanakan dengan sukses maka akan diberikan hadiah, serta penghargaan dari Pemerintah Provinsi dan berhak mewakili ke tingkat nasional," saat melakukan penilaian di Desa Talulobutu.

Slamet Bakri menguraikan unsur yang dinilai dari lomba desa dan kelurahan ini yaitu unsur pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

"Bagaimana hubungan kemitraan antara Pemerintah Desa dengan Bhabinkamtibmas yang ada di desa itu sendiri, selanjutnya bagaimana hubungan antara lembaga-lembaga yang ada di desa dan kegiatan yang dipandang perlu untuk diklarifikasi," jelasnya.

Slamet berharap penilaian secara keseluruhan dapat berjalan dengan objektif dan transparan serta dapat dipertanggungjawabkan.

Sebab menurutnya, hal tersebut akan dilaporkan dan dipaparkan dihadapan Gubernur guna mendapat petunjuk dan keputusan lebih lanjut.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021