Mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) keliling milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo segera beroperasi untuk melayani masyarakat di daerah itu.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Jumat, mengatakan mobil tersebut untuk mempercepat pelacakan kasus COVID-19 sehingga masyarakat tidak perlu ke rumah sakit untuk melakukan pengetesan dari kemungkinan terpapar virus corona jenis baru itu

"Kami harap dengan adanya mobil ini dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan COVID-19 akan lebih cepat," ujarnya.

Nelson mengungkapkan mobil tersebut akan terus bersiaga di pusat layanan 119 sehingga kapan pun dibutuhkan akan segera datang untuk melayani masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Rony Sampir menjelaskan mobil tersebut di dalamnya berisi peralatan untuk pemeriksaan PCR serta dapat melayani tes cepat antigen dan vaksinasi.

Ia menjelaskan satu-satunya tempat melakukan pemeriksaan PCR di Provinsi Gorontalo yakni di Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), dan biasanya hal itu membutuhkan waktu yang lama.

"Dengan adanya mobil ini, masyarakat tak perlu lagi datang ke RS atau BPOM untuk melakukan PCR. Hasilnya pun dengan cepat kita dapat kita ketahui. Nantinya, juga akan ada jadwal pelaksanaan pelayanan ke setiap kecamatan di Kabupaten Gorontalo," kata dia.

Jika hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19, katanya, akan dilakukan isolasi mandiri. Hal itu dilakukan agar COVID-19 tidak menyebar ke orang lain.

"Keberadaan mobil ini untuk melakukan pemeriksaan dan pelacakan lebih maksimal. Mobil ini juga dapat melayani sekitar 400 orang per minggu. Untuk pelayanan kami telah menyiapkan SDM, yang merupakan tim medis," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021