Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah itu tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya mencegah penularan virus corona.

"Hal terpenting adalah peserta vaksinasi agar tetap memakai masker. Sebab dikhawatirkan semakin ke desa, masyarakat semakin abai memakai masker," kata Ketua DPRD setempat, Djafar Ismail di Gorontalo, Senin.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal di satu lokasi, kata dia, sangat penting untuk memperhatikan disiplin penerapan prokes.

"Penyelenggaranya dalam hal ini Dinas Kesehatan harus siap dalam penerapan prokes, apalagi jika target vaksinasi di satu lokasi mencapai lebih dari seribu orang. Jangan sampai ada kerumunan yang dapat berpotensi menciptakan klaster baru," katanya.

Ia berharap, pihak Dinas Kesehatan setempat, terus memperhatikan penerapan prokes meliputi kapasitas lokasi pelaksanaan vaksinasi serta pemakaian masker, mencuci tangan serta menjaga jarak tempat tunggu.

"Edukasi terkait vaksinasi COVID-19 harus terus beriringan dengan upaya mengajak warga agar tetap mematuhi prokes agar rantai penularan virus Corona dapat diputus," katanya lagi.

DPRD berharap, peningkatan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu tidak meningkat seiring sosialisasi penerapan disiplin prokes di seluruh wilayah pelayanan puskesmas tersebar di 123 desa di 11 kecamatan.

Serta edukasi terkait pentingnya membentuk kekebalan tubuh bersama melalui vaksinasi COVID-19.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021