Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo menggelar Apresiasi Duta Generasi Berencana (Genre) Provinsi Gorontalo Tahun 2021 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Ketua Panitia Pelaksana, Mohhammad Arif Pakaya di Gorontalo, Rabu, mengatakan BKKBN sebagai salah satu institusi pemerintah harus mewujudkan tercapainya peningkatan kualitas remaja melalui Program Genre.

"Kegiatan ini bermaksud untuk meregenerasi kader Duta Genre dalam menjadi panutan atau suritauladan bagi remaja dalam upaya terwujudnya remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari resiko TRIAD KRR, menunda usia pernikahan dan mempunyai perencanaan kehidupan yang lebih baik," ujarnya.

Selain itu, Duta Genre yang terpilih bisa lebih pro-aktif bekerja sama dengan instansi terkait, terutama BKKBN mempromosikan program Genre dalam upaya penurunan angka stunting di Provinsi Gorontalo.

"Secara umum, melalui kegiatan Apresiasi Duta Genre Provinsi Gorontalo Tahun 2021 adalah untuk mendapatkan delegasi Provinsi Gorontalo dalam ajang Apresiasi Duta Genre Indonesia Tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada Bulan Oktober nanti," ungkapnya.

Kegiatan itu pun kata Arif bertujuan untuk memberi dan membuka wawasan kepada generasi muda akan pentingnya program Genre dan menumbuhkan generasi muda yang peduli akan kesehatan Reproduksi dan terhindar dari TRIAD KRR.

Serta melahirkan menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda dan jiwa-jiwa yang kompetitif dan siap berkompetisi ketahap yang lebih tinggi, membangun dan menanamkan jiwa yang sportifitas terhadap para peserta.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan kaderisasi yang dapat dijadikan contoh, serta panutan bagi remaja lainnya, serta mampu menyebarluaskan informasi terkait dengan program Genre kepada masyarakat melalui aksi kreatif," kata dia, lagi

Melalui kegiatan itu juga BKKBN Provinsi Gorontalo dan Forum Genre Gorontalo berharap dapat memilih satu pasang Remaja yang kompoten untuk menjadi perwakilan Remaja Gorontalo di ajang "Apresiasi Duta Genre Indonesia Tahun 2021".

"Peserta kegiatan ini berasal dari Kkabupaten dan kota se-Provinsi Gorontalo. Adapun jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 235 peserta, dan setelah melalui proses seleksi yang panjang, peserta tersisa sampai saat ini yang akan memasuki tahap Grand Final sebanyak 34 peserta, yang insya Allah akan berlomba sampai acara puncak tanggal 17 Juli nanti," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021