Petugas Dinas Kesehatan Kota Gorontalo dan Puskesmas Kota Tengah melakukan penyemprotan disinfektan ke salah satu restoran di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat.

Kepala Puskesmas Kota Tengah, dr Herni Pakaya pada kegiatan tersebut mengatakan penyemprotan dilakukan untuk seluruh ruangan di restoran tersebut.

"Sebelum dan sesudah kegiatan kami akan melakukan penyemprotan untuk seluruh ruangan di sini," ujarnya.

dr Herni menjelaskan, selain penyemprotan disinfektan pihaknya bersama tim gabungan melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada karyawan restoran itu.

"Sebenarnya, untuk standarnya rumah makan itu harus punya disinfektan sendiri sebelum pelayanan dan sesudah pelayanan itu harus dilakukan disinfektan, tapi hari ini karena sudah termasuk dalam kegiatan tracking kami dari puskesmas akan melakukan penyemprotan," ungkapnya.

Ia mengatakan jika tes PCR dilakukan kepada karyawan usai tiga warga yang melakukan acara ulang tahun di tempat itu positif COVID-19.

"Ya, jadi karena ini tracking dari yang positif, jadi kami langsung melakukan tracking PCR bukan rapid antigen lagi," kata dia, lagi.

Ia menambahkan jika semua hasil akan dikirimkan ke BPOM untuk dilakukan pemeriksaan. "Kita akan menunggu dan setelah ini semua yang di swab harus isolasi mandiri, sambil menunggu hasil tidak boleh ada yang jalan-jalan," pungkasnya.
Petugas kesehatan menyemprotkan cairan disinfektan di salah satu restoran di Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (16/5/2021). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021