Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan merayakan Idul Adha di masa sulit saat pandemi COVID-19, hendaknya dapat memupuk rasa persatuan diantara umat muslim.

"Idul Adha akan memberi kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan keluarga dan lingkungan, serta melindungi sesama di masa pandemi, kata Gubernur saat mengikuti shalat Idul Adha di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Selasa.

Shalat berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Alhamdulillah hari ini bersama keluarga berkesempatan salat Idul Adha di rumah. Tadinya ingin shalat di masjid, tapi karena masih pandemi kita ikut saja arahan pemerintah. Yang terpenting rukun dan syarat sahnya shalat terpenuhi,” jelas Rusli.

Pelaksanaan salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 Wita dan bertindak sebagai khatib Kabag Kesra Pemprov Gorontalo H Yaser Arafat Dama serta imam Ustad Ridwan Djama.

Dalam khotbahnya, Yaser Dama mengangkat tema Hikmah Idul Adha di masa pandemi COVID-19.

Di masa sulit seperti ini, umat Islam diminta meningkatkan semangat kepedulian dan berbagi dengan sesama.

"Kepatuhan terhadap pemerintah sebagai juga penting agar tatanan sosial dapat berjalan teratur dan terkendali. Semangat Idul Adha adalah rela berkorban dan harus menjadi spirit umat di tengah pandemi seperti sekarang ini," tambahnya.

Usai salat, gubernur menyaksikan penyembelihan dua ekor sapi sebagai hewan kurban.

Rusli dan keluarga besarnya menyembelih 12 ekor sapi di tiga tempat berbeda untuk dibagikan kepada karyawan dan warga sekitar.*

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021