Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyalurkan hewan kurban ke masyarakat yang merupakan bantuan dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hewan kurban sebanyak 98 ekor sapi dan 1 ekor kambing, disalurkan oleh masing-masing OPD kepada masyarakat setempat.

“Sudah dua tahun terakhir di Pemprov Gorontalo memang tidak ada pengadaan hewan kurban. Yang disalurkan ini  merupakan sumbangan ASN di masing-masing OPD di lingkup Pemprov Gorontalo,” kata Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Yayu Daeng Matona, Rabu.

Menurutnya, penyaluran diserahkan kembali kepada masing-masing OPD, sementara pihaknya hanya mendata banyaknya hewan kurban yang akan disalurkan.

Dari data tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyumbangkan 4 ekor sapi, Dinas Perhubungan 2 ekor sapi, Badan Keuangan 3 ekor sapi, Dinas ESDM 2 ekor sapi, Biro Pengadaan 4 ekor sapi dan 1 kambing, Dinas Pemberdayaan Masyarakat 2 ekor sapi dan Sekretariat DPRD 2 ekor sapi.

Sedangkan Badan Diklat menyumbangkan 3 ekor sapi, Dinas Kelautan 7 ekor sapi, Dinas Pangan 1 ekor sapi, Dinas PUPR 18 ekor sapi, BKD 3 ekor sapi, Dinas Koperasi dan UMKM 4 ekor sapi, Dinas Pertanian 18 ekor sapi, Inspektorat 10 ekor sapi, Dinas Kesehatan 10 ekor sapi, Biro P2E 1 ekor sapi dan Dikbudpora 2 ekor sapi.

Ia berharap hewan kurban tersebut tersalurkan dengan maksimal kepada masyarakat luas selama Idul Adha.

Menurutnya para ASN mengumpulkan dana untuk menyumbang hewan kurban, sesuai kesepakatan maupun kebijakan di kantor masing-masing.

Sebelumnya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, menyerahkan sapi bantuan Presiden Joko Widodo kepada panitia hewan kurban di Kabupaten Boalemo.

Bantuan sapi dengan bobot 1.014 kilogram tersebut, diserahkan gubernur dan Pelaksana Tugas Bupati Boalemo Anas Jusuf kepada panitia kurban Masjid Baiturrahman Tilamuta.*
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021