Gorontalo,   (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara melakukan kerja bakti membersihkan Pulau Saronde dalam rangka persiapan iven Sail Tomini dan Festival Boalemo di kabupaten ini.

Wakil Bupati Roni Imran, Jumat, di Gorontalo, mengatakan, ia sengaja memboyong ratusan aparaturnya untuk sama-sama membersihkan pulau seluas 1 hektare tersebut.

"Pulau ini harus bersih dari sampah, baik plastik, puntung rokok, kertas-kertas sisa makanan, agar memberi rasa nyaman bagi para pengunjung khususnya para wisatawan manca negara yang akan berada di kabupaten ini selama tiga hari," ujarnya.

Meskipun pengelolaan pulau telah dikerja samakan dengan pihak investor, namun tanggungjawab menjaga kebersihannya adalah tugas bersama Pemerintah Daerah maupun masyarakat.

Agar kunjungan para wisatawan asing tersebut menjadi poin penting sebagai awal promosi sektor pariwisata daerah ini ke luar negeri.

"Sehingga kunjungan para wisatawan tersebut harus dimanfaatkan dengan baik, didukung kebersihan lingkungan yang terjaga serta keamanan yang akan membuat mereka nyaman dan berkeinginan untuk kembali mengunjungi Pulau Saronde," ujarnya.

Ia pun memberi tanggung jawab kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk menjaga kebersihan pulau selama iven Festival Saronde berlangsung.

"Jangan sampai ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan, agar kebersihan pulau ini tetap terjaga," ujarnya.

Sebelum memimpin kerja bakti bersama aparaturnya, Wakil Bupati meninjau fasilitas "Mooring Buoy" atau tambatan kapal sebanyak 15 unit yang dipasang di perairan Pulau Saronde.

Mengingat kapal-kapal layar dari manca negara tersebut, diantaranya Amerika, Inggris, Jerman, Selandia Baru, Australia akan berlabuh di pulau tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015