Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pulau Saronde, objek wisata unggulan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mulai diminati wisatawan mancanegara, bahkan mereka menyebutnya dengan "Nice Island".

"Rata-rata setiap minggu ada 10 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau pasir putih ini," kata Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gorontalo Utara, Yassin Ali, di Gorontalo, Sabtu.

Menurut dia, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Saronde harus dimanfaatkan dengan baik, khususnya dalam memaksimalkan promosi pariwisata yang dimiliki.

Meski pengembangan Pulau Saronde sebagai objek wisata unggulan sudah diserahkan pemerintah daerah setempat kepada pihak ketiga, namun tanggung jawab mempromosikannya dilakukan bersama sebab dampaknya sangat besar dari segi perekonomian daerah, khususnya menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata.

Pihaknya pun, kata Yassin, melakukan berbagai program terpadu untuk promosi Pulau Saronde, termasuk objek-objek wisata lainnya lewat media sosial maupun membagi-bagikan brosur dan memasang spanduk di pusat-pusat keramaian.

Harapannya, agar upaya promosi tersebut semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Kita tidak hanya memiliki Pulau Saronde, namun banyak pulau-pulau cantik yang harus dipromosikan agar jumlah kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara terus meningkat," ujarnya.

Sebanyak 42 kapal asing yang akan berada di Pulau Saronde untuk mengikuti Sail Tomini dan Festival Boalemo, dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata daerah ini.

"Sudah ada dua kapal asing yang tiba, diharapkan mereka bisa menikmati keindahan alam di Pulau Saronde, termasuk pulau-pulau cantik yang ada di sekitarnya," katanya.

Yassin mengaku pihaknya akan mengajak seluruh wisatawan asing peserta Sail Tomini dan Festival Boalemo untuk mengunjungi objek wisata lainnya, diantaranya Benteng Oranye di Kecamatan Tomilito.

Pulau Saronde adalah pulau pasir putih yang dinilai oleh berbagai kalangan, khususnya wisatawan mancanegara sebagai pulau eksotik.

Rata-rata wisatawan mancanegara yang datang ke pulau ini, menyebutnya sebagai "nice island". Untuk mengunjunginya, wisatawan harus menggunakan perahu "taksi saronde" yang dapat ditempuh selama 45 menit hingga 1 jam.

Jika menggunakan "speed boat" dari Pelabuhan Kwandang, hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Sebelum dikenal, rata-rata jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke pulau ini hanya 2-5 orang per bulan, namun saat ini meningkat drastis.

"Setiap pekan pasti banyak wisatawan manca negara yang berkunjung, diantaranya dari Amerika dan Spanyol," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015