Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - TNI Angkatan Laut melalui tim POSAL Kwandang, mengintensifkan patroli laut untuk mendukung pengamanan Sail Tomini dan Festival Boalemo di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Komandan POSAL Kwandang, Letda Laut Elektronika Samingin, Sabtu, di Gorontalo, mengatakan, pihaknya melalui pangkalan TNI AL menurunkan armada dan 30 personil untuk pengamanan wilayah perairan Gorontalo Utara, khususnya di Ponelo Kepulauan menjangkau Pulau Saronde.

Pengamanan dilakukan dalam rangka kunjungan 42 kapal asing yang mengikuti "rally yacht" pada Sail Tomini dan Festival Boalemo yang akan singgah di Pulau Saronde direncanakan selama tiga hari.

"Pengamanan tidak hanya dilakukan di wilayah laut saja, namun menjangkau area Pelabuhan Kwandang dan Pelabuhan Anggrek," ujarnya.

Patroli tersebut kata dia, juga untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para wisatawan baik yang datang ke Pulau Saronde maupun kapal-kapal yang berlabuh di perairan wilayah ini.

Pemerintah daerah sendiri kata Bupati Indra Yasin, telah meminta bantuan kepada seluruh angkatan untuk mendukung pengamanan di daerah ini, baik TNI AL, Polairud hingga mengerahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) baik di sepanjang Pelabuhan Kwandang hingga ke Pulau Saronde.

Mengingat Pemerintah Daerah akan menggelar kegiatan seni budaya sebagai penyambutan "Welcome Party" kepada ratusan wisatawan mancanegara yang akan singgah di kabupaten ini.

"Kami mengoptimalkan pengamanan dan penyelenggaraan Festival Saronde, dengan harapan menjadi media promosi pariwisata daerah ini agar dikenal hingga ke luar negeri," ujar bupati.

Pemerintah Daerah pun telah mengerahkan 5 armada tangki air yang akan mendistribusikan air bersih melalui Pelabuhan Kwandang ke Pulau Saronde.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015