Sejak sepuluh tahun berdiri, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bolango telah melayani 20 ribu lebih pelanggan air bersih di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
 
Dalam peringatan satu dekade, Direktur Tirta Bolango, Yusar Laya di Gorontalo, Jumat, mengatakan pada awal berdiri pihaknya baru bisa melayani sekitar 1.695 pelanggan. 

"Dari 20.000 pelanggan yang mendapatkan air bersih, hanya ada 12.000 yang aktif melakukan pembayaran," katanya.

Yusar mengungkapkan dalam satu dekade sudah beragam prestasi yang telah diraih oleh Perumda Tirta Bolango. Salah satunya merupakan penghargaan PDAM Sehat yang diraih sebanyak enam kali.

"PDAM Sehat ini di Provinsi Gorontalo hanya ada dua yang meraihnya, yaitu Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo. Alhamdulillah kita sudah enam kali meraih penghargaan tersebut," ungkapnya. 

Ia bertekad di tahun 2020 ini Perumda Tirta Bolango bisa menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kabupaten Bone Bolango dengan mengharapkan kerja sama pemerintah daerah dan Forkopimda. 

"Dalam penyumbangan PAD ini sebenarnya sesuai edaran Mendagri cakupan pelanggannya harus mencapai 80 persen, maka ini yang akan terus kita lakukan sehingga tidak hanya 80 persen, tetapi bisa sampai 100 persen. Maka kita mengharapkan kerja sama pemda dan jajaran Forkopimda," ujarnya. 

Yusar juga merencanakan semua pembayaran tagihan air bersih di Kabupaten Bone Bolango akan menggunakan QRIS dan PPOB, sehingga bisa meningkatkan efektivitas penagihan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021