Pramuka Satuan Karya Pengawasan Obat dan Makanan (Saka POM) Gorontalo membagikan masker dan penyanitasi tangan kepada pedagang di sejumlah pasar di Provinsi Gorontalo.

Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo, Agus Yudi Prayudana di Gorontalo, Minggu, mengatakan pembagian itu dilakukan kepada pedagang yang ditemui saat melakukan sampling makanan.

"Lokasi pembagian diantaranya pasar Sentral, pasar Limboto, pasar Marisa, pasar Tilamuta, pasar di Gorontalo Utara, pasar Tapa," ujar Agus.

Ia menjelaskan pembagian hand sanitizer dan masker kepada pedagang sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Ini yang kami tekankan kepada adik-adik untuk selalu sigap memberikan edukasi kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan," ungkapnya.

Menurut Agus Yudi, dimasa pandemi COVID-19, Pramuka dituntut menjadi garda terdepan untuk turut serta membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi.

Sebelumnya, kata Agus Yudi, Saka POM melakukan sampling dan pengujian 1.012 makanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya.

“Balai POM Gorontalo bersama Saka POM terus berkomitmen melindungi masyarakat dari pangan yang beresiko terhadap kesehatan,” bebernya.

Ia menambahkan jika keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama dan erlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkannya.

"Pangan aman merupakan investasi masa depan dalam menciptakan sumber daya manusia unggul," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021