Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, berinisiatif mengembangkan wisata pulau.

Anggota Komisi III DPRD setempat, Wisye Pangemanan, di Gorontalo, Minggu, mengatakan banyak pulau cantik di kabupaten tersebut membentang dari wilayah timur Kecamatan Atinggola hingga barat Kecamatan Tolinggula, yang layak menjadi destinasi wisata baru.

Diantaranya, Pulau Tolinggula di Kecamatan Tolinggula. Kecantikan alam pulau ini, perlu dikelola agar keberadaannya menjadi daya tarik pariwisata di wilayah barat.

Apalagi pulau tersebut cukup mudah diakses dari daratan. Sehingga sangat potensial menjadi objek wisata pulau yang diandalkan.

"Pemerintah kabupaten perlu berinisiatif mengembangkan pariwisata pulau, termasuk Pulau Tolinggula. Sebab DPRD pun sangat menginisiasi pengembangan pulau-pulai di daerah ini menjadi objek wisata unggulan," katanya.

Diakuinya, di masa pandemi COVID-19 ini, kunjungan pariwisata tergolong anjlok. Sebab jumlah wisatawan menurun drastis.

Namun di masa ini, dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk membenahi pariwisata daerah.

Makanya, alokasi anggaran di sektor pariwisata diharapkan tetap sesuai keperluannya.

Agar pengembangannya tetap berjalan sesuai target.

"Semoga pandemi COVID-19 segera usai, dan pariwisata di daerah ini secepatnya bangkit," katanya lagi.

Banyak program yang dapat dikembangkan di sektor pariwisata di masa pandemi ini. Selain pemkab berkesempatan mengembangkan sumber daya alam sebagai objek wisata yang dimiliki.

"Pemkab pun dapat terus melakukan kampanye sadar wisata, seperti mengajak masyarakat terlibat langsung dalam kegiatan membersihkan objek wisata. Serta mengampanyekan untuk tidak membuang sampah di laut yang berpotensi mencemarkan laut dan membuat pulau-pulau yang ada menjadi kotor karena dipenuhi sampah," katanya.

Kita perlu memperkuat kampanye sadar wisata sebagai upaya membangun pariwisata daerah ini, tambahnya.****

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021