Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Lahan bukit Tenilo, yang banyak tumbuh ilalang dan berbagai macam pohon di Kota Gorontalo, terbakar akibat musim kekeringan melanda wilayah itu pada Selasa, sekitar pukul 11.30 wita.

Menurut sejumlah warga mengatakan, api diduga berasal dari pembakaran batang pohon kapuk dan menjalar ke lahan sekitar.

Petugas kebakaran sempat kesulitan memadamkan api, karena lokasi titik api berada di atas bukit sehingga pemadam kebakaran harus menyambungkan selang hingga dapat mencapai bukit Tenilo.

Api akhirnya dapat dipadamkan oleh tiga unit pemadam kebakaran dibantu warga sekitar dan pihak kepolisian, pada pukul 13.00 wita.

Kapolsek Kota Barat, AKP Ismail Husain saat ditemui dilokasi kebakaran tersebut mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakatan tersebut.

"Kami dari pihak kepolisian Kota Barat dibantu Polres Gorontalo Kota masih menyelidiki penyebab kebakaran lahan di Tenilo ini, apakah ada pelaku yang sengaja membakar atau terbakar karena faktor cuaca," ungkapnya.

Camat Kota barat, Thamrin Husain mengimbau kepada warga agar bersama-sama menjaga dan berhati-hati terhadap kebakaran lahan yang terjadi.

"Saya mengimbau kepada warga agar waspada terhadap kebakaran lahan, musim kemarau panjang membuat lahan di sekitar Tenilo menjadi kering dan mudah terbakar," katanya.

Sementara dari peristiwa itu, tidak ada korban jiwa dan kasus kebakaran ini sementara masih dalam penyelidikan Polres Gorontalo Kota.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015