Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk warga Desa Torosiaje Laut Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, Kamis.

Perjalanan menuju Torosiaje Laut dilewati Rusli bersama rombongan menggunakan perahu kecil milik warga setempat.

Gubernur mengungkapkan warga desa tersebut antusias ingin divaksinasi dan teratur mengantre, untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan suntikan vaksin COVOD-19.

“Saya ingin melihat sendiri warga Torosiaje ini divaksin. Ternyata mereka punya kesadaran yang tinggi untuk mencegah meluasnya penularan virus corona,” kata dia.

Rusli menjelaskan dirinya sudah empat kalinya meninjau vaksinasi di Kabupaten Pohuwato, serta menyalurkan bantuan pangan bagi warga setempat.

“Tadi saya singgah juga di lapangan merah putih. Di situ vaksinasi untuk Kecamatan Popayato serumpun. Antusias warga juga terlihat di situ. Sekarang di desa di atas laut pun antusiasnya masih sama. Selain kepada pak bupati dan ibu wabup, saya juga ingin berterima kasih kepada para nakes di Pohuwato yang tidak kenal lelah,” jelasnya.

Ia juga menyalurkan Bantuan Langsung Pangan Pemerintah Provinsi Gorontalo (BLP3G) untuk 107 warga di Torosiaje.

Warga Torosiaje pun diminta untuk tetap patuh protokol kesehatan, meskipun tinggal jauh dari daratan yang jumlah penduduknya lebih banyak.

Jika ada warga yang mengalami gelaja COVID-19, diminta segera melapor kepada petugas kesehatan.

“Walau tinggal terpisah di atas laut, jika positif tolong melapor agar bisa di isolasi terpusat. Kasihan kalau satu kena, akan cepat sekali ini menular karena Torosiaje Laut ini semua rumah berdekatan,” tambahnya.

Menurut data dari Satgas COVID-19 Kabupaten Pohuwato, vaksinasi untuk warga Desa Torosiaje Laut ditargetkan 900 orang, namun yang baru tervaksin sebanyak 300 orang.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021