Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan tetap menggelar Festival Saronde di Pulau Saronde pada 18 September 2021.

"Kami sementara mematangkan pelaksanaannya, mengingat festival ini akan digelar seminimal mungkin menyesuaikan penerapan protokol kesehatan dengan hasil yang diharapkan sangat maksimal dalam upaya mempromosikan pariwisata daerah. Serta menyukseskan agenda kalender pariwisata nasional," kata Plh Sekretaris Daerah setempat, Suleman Lakoro, di Gorontalo, Senin.

Ia mengatakan, dalam kondisi normal, kapasitas Pulau Saronde berdaya tampung sebanyak 400 orang.

Namun pada masa penerapan PPKM ini, kapasitasnya akan dikurangi 50 persen untuk mencegah terjadinya kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan.

Pesertanya pun diwajibkan memiliki sertifikat vaksin COVID-19 dua dosis. Baik dari unsur pemerintah, termasuk masyarakat dan pedagang yang mengikuti festival.

Khusus penyambutan pihak Kementerian Pariwisata, mengingat agenda ini merupakan salah satu kalender pariwisata nasional tahunan, pemerintah daerah akan melaksanakannya secara adat di dermaga Pelabuhan Kwandang.

Rencananya, festival akan diwarnai dengan pelaksanaan forum diskusi tentang kepariwisataan dihadiri para bupati dan sekretaris daerah yang tergabung dalam kerja sama utara-utara.

Yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara-Sulut, Buol-Sulteng, Bone Bolango-Gorontalo dan bupati daerah ini.

Pemerintah daerah berharap, pelaksanaan festival yang akan dipersingkat hanya digelar 1 hari saja, tidak mengurangi tujuan penyelenggaraannya dalam upaya meningkatkan kepariwisataan nasional, khususnya menarik minat kunjungan pariwisata ke daerah ini.**

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021