Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Provinsi Gorontalo pada Rabu menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 di Desa Bongo, desa wisata di Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo.

Kepala Badan Intelijen Daerah Provinsi Gorontalo Suryono menjelaskan bahwa Kominda Gorontalo diberi target memvaksinasi 20 ribu warga hingga Desember 2021.

"Kami berupaya keras mencapai target itu. Makanya selain vaksinasi terpusat, kami juga mengembangkan konsep vaksinasi door to door (dari rumah ke rumah)," kata Suryono.

Pelayanan vaksinasi di Desa Bongo ditargetkan bisa menjangkau 1.200 orang. Pelayanan vaksinasi terpusat di halaman SMP Negeri 2 Batudaa Pantai diestimasi bisa menjangkau 1.000 pelajar dan warga dan pelayanan vaksinasi dari rumah ke rumah diperkirakan bisa menjangkau 200 orang.

"Secara harian target kami 1.000 orang, tetapi khusus di Desa Bongo ini kami targetkan 1.200 orang karena masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi,” kata Suryono.

Dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Desa Bongo, Kominda Gorontalo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Kantor Kesehatan Pelabuhan Gorontalo, serta Puskesmas Batudaa Pantai.

Dua mobil vaksinasi Binda Gorontalo dikerahkan untuk mendukung pelayanan vaksinasi dari rumah ke rumah di Desa Bongo.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo saya mengapresiasi upaya Kominda dalam mendukung percepatan vaksinasi. Apalagi dengan konsep door to door, ini merupakan inovasi dan terobosan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim usai meninjau pelayanan vaksinasi di Desa Bongo.

Ia menekankan bahwa pemerintah membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi guna mewujudkan kekebalan komunal terhadap COVID-19.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021