Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meluncurkan aplikasi bursa kerja daring, Tolopani.web.id, secara virtual di kantor gubernur setempat di Gorontalo, Rabu.

Website tersebut berisi informasi lowongan kerja guna memudahkan para pencari kerja mencari pekerjaan.

Aplikasi tersebut diluncurkan bersamaan dengan “Enterpreneur Goes to Campus” dan kemitraan pengusaha kecil dan besar yang dilaksanakan oleh Kadin Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Politeknik Gorontalo, APTISI, AP-Vokasi, serta Yayasan Pomaya.

“Ketiga program yang diluncurkan ini dapat ditunjang oleh peningkatan investasi, pemanfaatan teknologi, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas,” kata Wagub Idris.

Ia menekankan pentingnya optimalisasi peran pendidikan vokasi dalam rangka pengembangan kualitas SDM, misalnya melalui jenjang pendidikan politeknik.

Menurut dia, pendidikan vokasi dengan kurikulum yang fokus pada sains dan teknologi, akan sesuai dengan kebutuhan industri sehingga mampu menciptakan SDM yang berdaya saing dalam bursa kerja.

“Oleh karena itu, saya harapkan kepada pimpinan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas kerja sama dan kemitraan dengan pelaku industri,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kadin Gorontalo, Universitas Tadulak, dan Harvest Gorontalo Indonesia (HGI).

Kerja sama lainnya, yakni antara Universitas Bina Mandiri dan HGI, SMK Gorontalo dan HGI, serta Politeknik Gorontalo dengan tiga institusi, yaitu HGI, BPTP, dan SMK Gorontalo.

“Kerja sama ini harus segera ditindaklanjuti dalam bentuk program dan kegiatan. Semoga bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat Gorontalo,” katanya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021