Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, menargetkan penyaluran bantuan sosial khususnya bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH) tuntas tersalurkan pada Oktober 2021.

Hal itu ia katakan, setelah mengikuti evaluasi penyaluran bansos dipimpin Menteri Sosial Tri Rismaharini, di Gorontalo, Kamis.

Diakui bupati Indra, masih ada masyarakat penerima yang belum menerima bantuan, juga belum tercatat sebagai penerima bantuan.

"Kami akan melakukan pendataan ulang melalui pemerintah desa, untuk mempercepat penyaluran hak masyarakat sasaran," katanya.

Ia pun mengaku gembira, sebab Mensos Tri Rismaharini, menyahuti usulan penambahan kuota penerima BPNT dan PKH untuk kabupaten itu.

Meski tidak banyak yang belum masuk sebagai penerima bantuan, namun penambahan tersebut sangat menggembirakan.

"Kita akan mulai melakukan pendataan ulang. Khususnya bagi masyarakat yang belum pernah menerima bantuan tersebut. Harus dilakukan secepatnya, agar masyarakat yang belum tersentuh segera mendapatkan haknya," katanya lagi.

Rapat informal dengan pihak bank penyalur pun kata dia, telah dilakukan untuk mendorong percepatan penyaluran bantuan sosial di masa pandemi COVID-19 ini.

Mengingat percepatan penyaluran bansos tersebut, juga untuk mencegah bertumpuknya bantuan.

"Sebab kalau telat menyalurkan, dapat berpengaruh pada penyaluran bantuan lainnya," kata bupati.
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, ikut hadir pada evaluasi penerima bansos BPNT dan PKH dipimpin Menteri Sosial Tri Rismaharini, di kantor Gubernur Gorontalo. (ANTARA/HO-humas Pemkab)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021