Gebyar Vaksinasi COVID-19 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Gorontalo, Jumat, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sementara memaksimalkan persiapan pelaksanaan Gebyar Vaksinasi yang akan disaksikan langsung Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Sesuai jadwal, kunjungan tersebut akan dilakukan pada Sabtu (9/10/2021) dipusatkan di Kecamatan Kwandang, dimulai pukul 13.00 Wita.

"Pak Menteri akan menghadiri Gebyar Vaksinasi yang akan dilaksanakan di halaman kantor bupati. Beliau pun akan mengunjungi sejumlah proyek pembangunan di daerah ini," katanya.

Khusus gebyar vaksinasi, pemkab mengarahkan masyarakat dari Kecamatan Kwandang dan Anggrek, serta memprioritaskan peserta dari kalangan pelajar.

Sekitar 400 orang sasaran vaksinasi disiapkan mengikuti kegiatan itu. Namun kata dia, jika yang datang lebih banyak akan lebih baik.

Sebanyak 6 tim tenaga kesehatan atau petugas vaksinasi pun dikerahkan untuk mempercepat pelaksanaan penyuntikan, agar dapat melayani seluruh masyarakat.

Hingga saat ini, kata Indra lagi, persentase capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu telah mencapai 65 persen.

Pemkab menargetkan capaian tersebut hingga 86 persen. "Semoga dapat terwujud, apalagi Provinsi Gorontalo masuk dalam 5 daerah yang dianggap berhasil dalam upaya meningkatkan capaian vaksinasi. Kabupaten ini ikut andil menambah persentase di tingkat provinsi yang sudah mencapai 60 persen," katanya.

Kunjungan Menteri PPN/Kepala Bappenas pun kata dia, sangat memotivasi upaya mempercepat pencapaian target vaksinasi COVID-19 di daerah ini.

Sebanyak 99.908 sasaran ditargetkan dapat tuntas menjalani vaksinasi hingga Oktober 2021, namun angka minimalnya 80 persen pun sudah sangat menggembirakan, sebab beberapa faktor membuat orang biasanya ditunda untuk suntik vaksin.

Seperti gangguan kesehatan dan lainnya. Namun kata dia lagi, semakin status zona hijau yang bertahan sudah hampir sepekan, membuktikan keseriusan dan dukungan masyarakat dalam mencapai kekebalan tubuh bersama.

Rencananya, Menteri PPN/Kepala Bappenas juga akan melihat perkembangan pembangunan infrastruktur di daerah itu yang memerlukan pembiayaan besar, dan direncanakan akan memanfaatkan pinjaman dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Diantaranya, pembangunan masjid Agung di kompleks perkantoran blok plan Molingkapoto, jalan 'by pass' Moluo-Molingkapoto Kecamatan Kwandang, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021