Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Goronalo menyalurkan bantuan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) senilai Rp790 juta kepada para penerima di Lapangan Ippot Tapa.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou usaai penyerahan ZIS, Selasa, menyampaikan rasa syukurnya karena ZIS ASN tersebut telah dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh Baznas Bone Bolango.

Hamim Pou berharap bantuan ZIS ASN tersebut bisa memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat maupun para mustahik yang dibantu tersebut.

"Ada yang jadi 40 unit gerobak jualan senilai Rp4 juta setiap unitnya. Jadi ada 40 kepala keluarga yang anda bantu dan beri ZIS untuk diberdayakan, untuk kita tingkatkan ekonomi mereka," ucap Hamim.

Tidak hanya itu, kata Hamim, Baznas juga membeli lebih kurang 2.000 paket paket beras premium bervitamin. Ada kurang lebih Rp120 juta ZIS ASN untuk dibelikan beras bervitamin tersebut. Kemudian juga ada bantuan usaha produktif para petani, mahasiswa dan kaum milenial dengan nilai ratusan juta rupiah.

Ketua Baznas Bone Bolango, Adam K. Tadu, menyebutkan ZIS ASN Bone Bolango diperuntukkan untuk bantuan pemberdayaan perempuan dalam bentuk sarana gerobak jualan sebanyak 40 unit dengan harga setiap unitnya Rp4 juta, total 160 juta. Kemudian bantuan pemberdayaan petani dan pemuda dalam bentuk modal usaha sebanyak 184 orang, setiap orang menerima Rp2 juta, total Rp368 juta.

Bantuan 2.000 paket beras premium bervitamin Rp60.000 setiap paketnya, total Rp120 juta. Bantuan beasiswa bagi 93 siswa anak yatim selama 3 bulan Rp250 ribu setiap bulannya, total Rp69.750.000. Bantuan kegiatan keagamaan berupa bantuan usaha produktif Milenial Nusantara IPNU Bone Bolango sebesar Rp15 juta.

Selanjutnya, bantuan untuk LPTQ Rp10 juta, bantuan sarana CCTV Masjdi Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango Rp15 juta, bantuan wisuda TPQ Kecamatan Kabila Rp7,5 juta, bantuan dana duka COVID Rp7 juta, dan bantuan usaha tani mahasiswa milenial Rp18 juta.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021