Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, memantau pelaksanaan vaksinasi pelajar di daerah itu, yang dipusatkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gorontalo Utara.

"Saya senang, sebab pelajar sangat antusias mendapatkan vaksinasi COVID-19. Beberapa nampak takut dengan jarum suntik namun kondisi itu bisa teratasi," katanya di Gorontalo, Rabu.

Selain membuka gerai vaksinasi COVID-19 di area publik seperti pasar tradisional di 11 kecamatan, pemerintah kabupaten juga menyiapkan gerai vaksinasi di sekolah-sekolah.

"Kami memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi di sekolah, agar pembelajaran tatap muka segera optimal dan dapat berlangsung setiap hari efektif, juga siswa lebih aman dari penularan virus corona," katanya.

Seluruh instansi teknis penanggungjawab pun dikerahkan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar.

"Alhamdulillah capaian pelaksanaan vaksinasi pelajar pun ikut menambah jumlah orang yang telah divaksin di daerah ini, dengan sangat signifikan," katanya lagi.

Seperti pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMA 1 Gorontalo Utara, berhasil diikuti 17 sekolah dari SMA dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dari target 300 siswa divaksin dalam sehari, berhasil menjangkau 469 siswa.

"Capaian ini sangat baik, dan patut diapresiasi," katanya pula.

Ia berharap, pelaksanaan vaksinasi tersebut terus berjalan dengan cepat.

"Seluruh Kepala Sekolah agar berkoordinasi dengan tim Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, khususnya dengan Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pendidikan untuk kelancaran pelaksanaan vaksinasi," katanya.

Bupati Indra menambahkan, saat ini kabupaten tersebut telah berstatus zona hijau, dan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah turun pada level 1.

"Namun pelaksanaan disiplin protokol kesehatan tidak boleh kendur dan vaksinasi harus terus maksimal," imbuhnya.

Data Satgas COVID-19 kabupaten, dari total 99.908 sasaran, realisasi vaksin dosis 1 mencapai 47.989 sasaran atau 40,03 persen.

Dosis 2, mencapai 24.611 sasaran atau 24,63 persen, dosis 3 baru sebanyak 29 sasaran atau 0,03 persen.

Total capaian vaksinasi di daerah itu untuk seluruh kalangan, mencapai 72,629 sasaran atau 72,70 persen.
Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin memantau pelaksanaan vaksinasi massal pelajar yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021