Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggencarkan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) di Provinsi Gorontalo.

Koordinator Dyandra Promosindo atau pihak pelaksana kegiatan Hermawan Hamzah, Jumat menemui Wagub Gorontalo Idris Rahim untuk melakukan koordinasi pelaksanaan webinar GNLD di daerah tersebut.

GNLD telah diluncurkan sejak bulan Mei 2021 dan akan berlangsung hingga Desember 2021.

Menurutnya GNLD dilaksanakan di 34 provinsi, serta 514 kabupaten dan kota.

“Untuk Gorontalo masih ada delapan kali webinar yang akan kami laksanakan hingga bulan Desember 2021. Kedatangan kami ke Pak Wagub untuk meminta dukungan dari pemerintah daerah,” ujar Hermawan.

Ia menjelaskan, GNLD mengusung empat pilar yaitu Digital Safety (aman bermedia digital), Digital Ethics (etis bermedia digital), Digital Culture (budaya bermedia digital), serta Digital Skills (cakap bermedia digital).

Target yang diharapkan dari kegiatan tersebut antara lain masyarakat mampu membedakan mana berita hoaks dan mana yang benar, mampu memanfaatkan dan mengoptimalkan media sosial, serta mampu menjaga privasi data pribadi.

“Kami berharap di Gorontalo akan lahir generasi yang cakap digital,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan webinar GNLD.

Idris mengajak masyarakat Gorontalo untuk ikut serta dalam kegiatan webinar itu dalam rangka meningkatkan pemahaman, kemampuan, dan kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi di bidang komunikasi.

“Lakukan koordinasi dengan Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo agar kegiatan ini sukses dan lancar,” katanya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021